MEMAHAMI PERBEDAAN MESIN 2 TAK DENGAN
4 TAK
Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak yakni berada pada bentuk mesin,
lalu pengapian yang diberikan, efisiensi bahan bakar, dan tenaga yang
dihasilkan.
MESIN 2 TAK
Mesin 2 tak ini maksudnya adalah, untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 1x putaran crankshaft dan 2x gerakan piston (turun & naik). Pada mesin 2 tak, konstruksi mesinnya cukup sederhana, di mana terdapat piston, crankcase, katup masuk berupa membran, saluran bilas, dan saluran buang. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, kira-kira beginilah jeroan mesin 2 tak.
Mesin 2 tak ini maksudnya adalah, untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 1x putaran crankshaft dan 2x gerakan piston (turun & naik). Pada mesin 2 tak, konstruksi mesinnya cukup sederhana, di mana terdapat piston, crankcase, katup masuk berupa membran, saluran bilas, dan saluran buang. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, kira-kira beginilah jeroan mesin 2 tak.
Langkah hisap &
kompresi bersamaan
Cara kerja:
1. Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
1. Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
Langkah usaha,
pembilasan, dan buang dalam satu proses
2. Langkah usaha,
langkah pembilasan, & langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
MESIN 4 TAK
Mesin 4 tak berarti untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 2x putaran poros engkol dan 4x gerakan piston (turun-naik-turun-naik). Perbedaan konastruksi mesin 4 tak dengan mesin 2 tak ialah:
1. Mesin 4 tak memiliki 2 katup ( katup intake dan katup exhaust, sedangkan mesin 2 tak hanya ada membran yang membuka & menutup saluran masuk. Saluran buangnya tertutup oleh badan piston ketika sedang melakukan langkah hisap & kompresi.
2. Campuran bahan bakar yang masuk pada mesin 4 tak langsung berada di bagian atas piston, sedangkan pada mesin 2 tak masuk ke dalam crankcase terlebih dahulu baru menuju bagian atas permukaan piston melalui saluran bilas.
Mesin 4 tak berarti untuk memperoleh 1x usaha, dibutuhkan 2x putaran poros engkol dan 4x gerakan piston (turun-naik-turun-naik). Perbedaan konastruksi mesin 4 tak dengan mesin 2 tak ialah:
1. Mesin 4 tak memiliki 2 katup ( katup intake dan katup exhaust, sedangkan mesin 2 tak hanya ada membran yang membuka & menutup saluran masuk. Saluran buangnya tertutup oleh badan piston ketika sedang melakukan langkah hisap & kompresi.
2. Campuran bahan bakar yang masuk pada mesin 4 tak langsung berada di bagian atas piston, sedangkan pada mesin 2 tak masuk ke dalam crankcase terlebih dahulu baru menuju bagian atas permukaan piston melalui saluran bilas.
Cara kerja motor 4
tak
Cara kerja:
1. Langkah hisap (intake)
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Campuran udara & bahan bakar masuk ke dalam silinder.
2. Langkah kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA, kedua katup (masuk dan buang) tertutup. Campuran yang berada dalam silinder dikompresikan, siap diberikan percikan bunga api.
3. Langkah usaha (combustion)
Akibat percikan bunga api dari busi, terjadilah ledakan yang membuat piston terdorong dari TMA ke TMB. Di sinilah proses tenaga akan disalurkan hingga memutarkan roda.
4. Langkah buang (exhaust)
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Gas sisa pembakaran akan didorong piston keluar dan dibuang melewati knalpot.
1. Langkah hisap (intake)
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Campuran udara & bahan bakar masuk ke dalam silinder.
2. Langkah kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA, kedua katup (masuk dan buang) tertutup. Campuran yang berada dalam silinder dikompresikan, siap diberikan percikan bunga api.
3. Langkah usaha (combustion)
Akibat percikan bunga api dari busi, terjadilah ledakan yang membuat piston terdorong dari TMA ke TMB. Di sinilah proses tenaga akan disalurkan hingga memutarkan roda.
4. Langkah buang (exhaust)
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Gas sisa pembakaran akan didorong piston keluar dan dibuang melewati knalpot.
Ternyata jelas sekali perbedaan
antara mesin 2 tak dengan mesin 4 tak. Nah,berdasarkan
efisiensi bahan bakar, motor 4 tak lebih unggul, karena tidak adanya bahan
bakar baru yang terbuang akibat proses pembilasan (sebenarnya ada, namun tak
sebanyak mesin 2 tak). Namun dari segi hasil tenaga, motor 2 tak lebih unggul,
karen untuk mendapat 1x usaha hanya butuh 2x gerakan piston turun-naik,
sedangkan mesin 4 tak butuh 4x gerakan piston turun-naik-turun-naik. Dengan
kata lain, 1x tenaga yang dihasilkan mesin 4 tak sama dengan 2x tenaga mesin 2
tak, sehingga laju kendaraan dengan mesin 2 tak lebih cepat dibanding dengan
mesin 4 tak.
Mungkin itu saja yang bisa saya terangkan. Jika ada bagian yang
kurang bisa dipahamk, bisa bertanya di kolom komentar di bawah
Kelebihan Motor 2 tak
|
Kekurangan Motor 2 tak
|
·
motor 2 tak memiliki oli samping yang
bisa menjadi pelumas pembakaran
|
·
Umumnya motor 2 tak untuk bahan
bakarnya (bensin) lumayan agak boros
|
·
motor 2 tak memiliki oli samping yang
bisa menjadi pelumas pembakaran
|
·
Untuk perawatan sendiri lumayan agak
banyak yang harus di perhatikan
|
·
Memiliki putaran mesin nya cepat
sehingga membuat motor nya menjadi cepat beda dengan motor 4 tak
|
·
Bila anda lupa atau oli samping kering
maka motor akan cepat rusak
|
·
Selain memilikli putaran mesin yang
cepat , motor 2 tak mempunyai tenaga /kekuatan mesin motor kuat ,powernya
gede.
|
·
Selain itu motor 2 tak memiliki suara
yang ribut/Bising.
|
Kelebihan Motor 4 tak
|
Kekurangan Motor 4 tak
|
·
Sepeti yang sudah saya sebutkan diatas
tadi , bahwasanya motor 4 tak memiliki kelebihan untuk penggunaan bahan
bakarnya (bensi) lebih irit dari pada motor 2 tak.
|
·
Untuk kekurangan sendiri motor 4 tak
umumnya yaitu pada putaran mesin yang sedang, sehingga membuat motor menjadi
tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat , sedang sedang saja untuk
laju kendaraannya , kalau motor 2 tak jelas memiliki tenaga power yang besar
sehingga memiliki laju kecepatan yang lebih dari pada motor 4 tak.
|
·
Selain itu umumnya mesin motor 4 tak
memiliki suara yang halus beda sama motor 2 tak.
|
·
Saat dikendarai minim getaran pada
mesin motor.
|
·
Umumnya memiliki suara knalpot yang
tidak bising /nyaman
|
|
·
Motor 4 tak memiliki hasil pembakaran
tidak ngebul (ramah lingkungan)
|
|
·
Untuk perawatan minim tidak seribet
untuk motor 2 tak.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar